UIN Mataram Prakarsai Workshop Riset & Publikasi Mahasiswa

UIN Mataram Prakarsai Workshop Riset & Publikasi Mahasiswa

Bertempat di gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) melaksanakan Workshop Riset dan Publikasi (28-29/7). “Prakarsa FUSA ini adalah sebuah inisiatif yang perlu dipertahankan pada kesempatan berikutnya” tegas Rektor UIN Mataram dalam sambutan pembukaan acara.

Workshop diikuti mahasiswa yang sementara menyelesaikan tugas akhir. Salah satu target pelaksanaan workshop adalah untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa sehingga mereka bisa menyelesaikan penulisan skripsi tepat waktu sesuai dengan penjadwalan akademik. “dalam beberapa kasus, mahasiswa terlambat menyelesaikan pendidikan karena terhambat dalam penulisan skripsi. Dengan melaksanakan workshop, maka hambatan-hambatan akan mulai teratasi”, tutur dekan FUSA UIN Mataram saat menutup acara workshop.

Pelaksanaan workshop juga dihadiri semua ketua program studi di lingkungan FUSA UIN Mataram sekaligus turut membimbing mahasiswa dalam menentukan topik-topik riset yang akan menjadi kajian dalam penulisan skripsi. Nara sumber kegiatan diantaranya Dr. Martin Kustati, dosen Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang, yang juga ketua penyunting Jurnal Ta’lim mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan seperti ini menjadi sebuah keperluan sehingga dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Workshop menjadi ajang untuk belajar bersama menemukan ide penelitian. Begitu juga dengan mengenali sumber-sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses penelitian. Selanjutnya, bagian akhir workshop memaparkan proses konversi dari laporan penelitian menjadi publikasi. Ketiga tahap ini akan memberikan gambaran kepada mahasiswa sehingga mereka akan menyelesaikan penelitian yang mereka lakukan pada semester berikutnya.

“Sementara ini, mahasiswa FUSA UIN Mataram yang berada di semester ganjil menuntaskan Kuliah Kerja Partisipatif” tutur Dr. Ali Jadid Al Idrus, wakil dekan bidang kemahasiswaan FUSA UIN Mataram. Kesinambungan perkuliahan dengan realitas lapangan akan menjadi bekal mahasiswa saat berada di masyarakat usai melaksanakan pendidikan formal.

UIN Mataram Prakarsai Workshop Riset & Publikasi Mahasiswa
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »